Monday, April 8, 2013

The Amazing Ampel


Masjid Agung Sunan Ampel, Surabaya
 
Pernah dengar kawasan Sunan Ampel di Surabaya? Sebuah tempat Ziarah Makam Sunan Ampel dikawasan Surabaya Utara. Setelah hampir usia saya 36 tahun, untuk pertama kalinya bisa berkunjung ke Sunan Ampel. 

Sayangnya pada saat ke Kawasan Sunan Ampel Surabaya, idenya tercetus secara kebetulan. Tanpa rencana, tiba-tiba suami saya membelokkan kendaraan ke kawasan tersebut dengan alasan mencari buah Kurma. Violaaah...dan tiba tiba dia memarkirkan kendaraan didepan kawasan Sunan Ampel.

Kebetulan sekali saat saya berkunjung cuaca sedang mendung sehingga Surabaya yang biasa menyengat tidak dirasakan. Selain itu, konon kawasan ini sangat ramai, tapi waktu saya kesana, tidak terlalu padat pengunjung. Mungkin karena sudah sangat siang, selain itu mungkin bukan tanggal muda ya ha ha ha....


Pasar Ampel, Surabaya

 Anyway...namanya juga rute tiba-tiba, maka saya tidak siap dengan busana muslim yang harus saya kenakan. Sayang sekali ya. Saya tidak bisa sholat di Masjid Agung Ampel dan masuk dalam kawasan Makam Sunan Ampel yang berada tepat didepan Masjid tersebut. Beneran dwueeh, saya akan datang lagi disana dengan tampil lebih santun sebagai seorang muslimah :).
Dikawasan Sunan Ampel, pengunjung akan di sambut Pasar Tradisional yang berderet panjang sepanjang Gang menuju Masjid Agung Sunan Ampel. Semua keperluan Muslimin dan muslimah, mulai busana, kopiah, sorban, kerudung, pashmina, pacar (itu looh pewarna herbal yang dipakai buat kuku dan hiasan kulit di tangan dan kaki bagi para wanita, celak (mirip eyeliner, berbahan alami yang dipercaya bisa menyehatkan mata, serta Sunah Rasul apabila di pakai dimata), perhiasan/ asesoris imitasi..hmm banyak deeeh. 

Pasar Ampel, Surabaya
 
Bagaimana dengan kuliner disana? Hmm... amazing. Pengunjung akan di manjakan dengan berbagai macam oleh-oleh makanan khas Arab, mulai Kacang arab, berbagai macam buah kurma, Air Zam-zam. Belum lagi jajanan arab, mulai Roti Maryam, Samosa, Martabak, dan jajajan lainnya. 

Kuliner di Kawasan Ampel, Surabaya

Sekali lagi, sayang  saya cuma bisa berjalan-jalan di Pasar Tradisional Sunan Ampel. Insya Allah, kapan-kapan akan berkunjung ke Makam Sunan Ampel sekaligus beribadah di Masjid Agung Sunan Ampel. Oya, menurut referensi seorang teman, masih ada beberapa tempat kuliner di Kawasan Ampel, ada Kambing Oven, Kebab Swarma, Nasi Kebuli dan Sop Kambing didaerah Jalan Sasak seberang Rumah Sakit Al Irsyad.

Kalau misalnya pembaca jalan-jalan ke Kawasan Sunan Ampel, jangan lupa, kenakan busana Muslim yaaaa. Supaya tidak saltum alias salah kostum sehingga terbatasi wilayah yang bisa dijelajahi di Kawasan Sunan Ampel. Selamat berwisata religi....

No comments:

Post a Comment