Monday, October 22, 2012

PROUD OF MY JOB – PINK ELEPHANT




Tulisan saya kali ini bicara tentang Pink Elephant atawa Gajah Merah Muda. Eh, sebenarnya warna gajah itu apa seeeh? Abu-abu atau merah muda? Konon, di serial Bona, Gajah Pink di Majalah Bobo, warna Bona atau si Gajah berwarna merah muda.

Tapi dalam dunia nyata, apa sih warna gajah? Abu-abu khan?

Pink Elephant adalah sebuah analogi pencarian kandidat untuk posisi-posisi yang sulit dicari bahkan hampir tidak mungkin ditemukan. Kebayang gak kalo salah seorang rekannya atasan-atasannya di atasnya lagi telepon, dan minta pemenuhan posisi yang sulit-lit-lit ditemukan. 


Pastinya serasa seperti bilang: gue butuh posisi A, dan musti diisi sama kandidat yang tepat. Kandidatnya harus pinter, bisa A, bisa B, pengalaman E, mampu C, kompetensi D, bersedia x, paham N bla-bla-bla......

Tuing-tuing, berasa seperti: cariin gue Gajah dong, bisa akrobat, lincah, gadingnya lengkap, dan satu lagi: WARNANYA MERAH MUDA! Putar otak buat cari Gajah Merah Muda sesuai pesanan. Yang namanya Recruiter harus bisa menemukan Gajah Merah Muda sesuai pesanan dimanapun dia berada @,@;

Dan pencarian Gajah Merah Muda pun dimulai. Berbagai cara ditempuh, mulai ublek-ublek sosial media, pasang iklan sana-sini, tanya-tanya jejaring teman-teman handai taulan. Semua di tempuh demi mencari Sang Gajah Berwarna Merah Muda. 

Setelah berusaha berbagai macam cara, para kandidat pun ditemukan, dianalisa, direview, dijajagi dsb. Apakah semuanya berhasil? YA! Merah muda? Hmmm.....sesekali perlu diadjust lah. Mungkin tidak terlalu merah muda seperti gambaran ideal awal, tapi paling tidak hampir sesuai dengan permintaan. Dan itulah pencapaian sebagai seorang recruiter, mampu mencari sesuai permintaan sekalipun permintaan yang awalnya terlihat mustahil untuk dipenuhi.

KANPAI!

No comments:

Post a Comment