Friday, October 12, 2012

PROUD OF MY JOB: FIRST OF ALL, ALWAYS LOOK ON THE BRIGHT SIDE OF LIFE





Some things in life are bad, they can really make you mad
Other things just make you swear and curse.
When you're chewing on life's gristle, don’t grumble, give a whistle
and this'll help things turn out for the best...
And always look on the bright side of life...
Always look on the light side of life...
(Lirik sebuah lagu yang saya sendiri tidak pernah mendengar lagu tersebut)

Kata orang, kalau masih baru bergabung dan bekerja di Perusahaan, karyawan baru cenderung masih bersemangat, penasaran, dan karena masih belum banyak tahu tentang Perusahaan, ya.... willing to do anything laaaah.

Teman saya malah menganalogikan, kalau orang baru bergabung itu ibarat Pengantin Baru. Masih masa ‘bulan madu’ he he he.....(sesuatu bener kedengarannya). Buat saya itu wajar, karena sesuatu yang baru, yang menjadi pilihan kita secara sadar, akan membuat kita penasaran. Ditambah lagi, ibarat Album Foto, isi memori kita belum banyak tentang apa yang sebenarnya ada dalam Pekerjaan dan Perusahaan tersebut. 


Contoh kecil, seorang karyawan akan bersemangat sekali untuk menjalani Dinas Luar Kota untuk pertama kalinya. Dalam bayangannya akan muncul ‘sesuatu yang indah-indah’. Jalan-jalan setelah jam Dinas Luar, naik pesawat terbang bertemu mbak-mbak Pramugari yang cantik dan ramah, wisata kuliner makanan khas kota tersebut, dan belanja oleh-oleh buat sanak saudara.

Dan sang karyawan amat sangatlah terkejut manakala segala sesuatunya tak seindah bayangannya. Wisata ala back packer, no airplane but train (huaaaah), no rent car – just use public transportation (wadow bisa tersesat duonk), no five or even four stars hotel – be wise choose budgeted hotel (pokoknya bukan short time hotel yakk). 



Uhuuyy...apa yang terjadi kemudian? Jelas respon masing-masing Karyawan yang mengalaminya akan berbeda-beda. Bagi sebagian karyawan, pastinya akan mengeluhkan hal tersebut, apalagi kalau di Perusahaan yang lama tempat dia bekerja, semua keselamatan dan kenyamanan perjalanan dijamin dengan baik. Bagi seseorang yang belum pernah berangkat dari Perusahaan manapun atawa Fresh Graduated, bisa jadi tidak menyenangkan manakala teman-teman di luar Perusahaan bercerita tentang fasilitas Perjalanan Dinas di Perusahaan lain sangatlah menggiurkan. Ditambah postingan foto dan update status di media sosial membakar hati. Errrrggghhh....



The key is always look on the bright of life.
Ini juga yang melatar belakangi serial “Proud Of My Job” yang akan saya tulis. Bercerita betapa bangganya saya pada semua pekerjaan yang saya tekuni sekalipun saya berganti Perusahaan. Selama Perusahaan tersebut ‘tidak secara sengaja’ memanfaatin saya, ataupun secara sadar mencurangi komitmen Kerja, maka saya masih berhak dan wajib bangga terhadap pekerjaan tersebut. Serta, selama pekerjaan tersebut masih layak disebut ‘tempat ibadah’ buat saya (maksudnya tempat dimana saya bekerja dengan halal), maka saya akan mendedikasikan kapabilitas dan karya buat Perusahaan tersebut. 

Simple & beautiful khan? Ditunggu ya, tulisan berikutnya.

No comments:

Post a Comment