Friday, August 31, 2012

ORGANIZATION DEVELOPMENT (I)




Saya pernah membahas mengenai perjalanan pencarian arti Organization Development. Perjalanan yang bercerita tentang pengetahuan yang sepotong-potong, tanpa struktur dan tanpa arahan yang jelas. Pemahaman yang berdasarkan dari apa yang saya dapatkan melalui pertanyaan-pertanyaan yang terlontar pada pihak-pihak yang mungkin juga mendapatkan pengetahuan tanpa arahan. Sampai akhirnya saya memutuskan mengambil studi demi memenuhi ‘rasa haus’ terhadap pemahaman Development, serta bagaimana aplikasinya. 

Pada tulisan ini saya akan mencoba menguraikan makna Organization Development  berdasar teori sehingga membantu pemahaman mengenai Organization Development secara utuh dan jelas lebih dapat dipertanggung jawabkan, tentunya dengan penjabaran yang praktis. Intinya saya mencoba ‘mengkawinkan’ antara teori dan praktek. 

Apa itu Organization Development (OD)


Menurut Cummings, Thomas (2003), Organization Development is a system-wide process of applying behavioral-science knowledge to the planned change and development of strategies, design components, and processes that enable organizations to be effective. 

Dalam terjemahan bebasnya, pengembangan organisasi atau Organization Development adalah sebuah proses yang tersistem dengan luas yang menggunakan aplikasi ilmu pengetahuan perilaku untuk merencanakan atau membuat strategi perubahan dan pengembangan, desain komponen-komponen, dan proses-proses yang mampu membentuk organisasi yang efektif.  

Jadi, ketika kita bicara mengenai OD, akan ada:
       1. Rencana yang tersistematis
      2. Menggunakan aplikasi ilmu pengetahuan perilaku untuk memahami kondisi saat ini dan prediksi situasi atas reaksi
      3. Tujuan akhirnya adalah membentuk organisasi yang lebih efektif dari sebelumnya.

   Pada tulisan berikutnya saya akan membahas bagaimana aplikasi Organization Development. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment