Thursday, March 29, 2012

THE GRADUATION (Part 1)




Ini adalah bagian yang saya nantikan dari sebuah babak kehidupan.

Setelah +/- 8 tahun saya ‘bermimpi’untuk dapat melanjutkan Pendidikan yang lebih sesuai dengan Karir yang saya dalami akhirnya saya pun dapat melanjutkannya.
Dan saat menuangkannya dalam tulisan ini, saya sedang menunggu 4 hari menjelang hari bersejarah yaitu ‘ The Graduation’.

Saya akan sedikit kilas balik mengenai Program Pendidikan yang saya dalami....

Awal tujuan saya bermimpi melanjutkan Pendidikan, murni karena saya  merasa latar belakang yang saya miliki saat itu ‘kurang’ mendukung Karir yang saya minati yaitu Human Resources. Saya menghadapi banyak keraguan terkait kemampuan dibidang profesi Human Resources. Untuk mimpi berkarir dibidang tersebut (baca: sampai dengan menduduki posisi tertentu), saya diragukan karena latar belakang S1 tidak berhubungan dan kurang mendukung profesi tersebut, dan saya seorang wanita (hmm, jujur untuk posisi tinggi dibidang tersebut jarang sekali diduduki oleh gender wanita, utamanya di Jawa Timur, well, saya belum pernah membuat angka statistik pasti, namun saya berani bertaruh dengan menggunakan dasar penghitungan cepat dan visual). Mengapa wanita sulit menduduki posisi tersebut, karena stereotipe dan budaya masih menganggap laki-laki lebih kuat daripada wanita (pandangan saya pribadi tentunya berbeda dari kalimat terakhir).

Kembali pada awal melanjutkan Pendidikan, saya pun menabung dan mencari tahu Program Pendidikan yang tepat buat saya, sampai akhirnya saya menemukan Program Studi MPPO (Magister Perubahan dan Pengembangan Organisasi) Fakultas Psikologi Unair. Dari awal yang sekedar ingin ‘meremajakan’ ilmu sampai sebuah pendidikan mampu mendukung karir, saya menemukan lebih dari sekedar tujuan awal, yaitu: Ilmu yang memberikan manfaat bagi Perubahan yang positif. Ilmu yang didapat jauh melebihi apa yang saya harapkan.
Saya menikmati seluruh proses pembelajaran, berusaha menjiwai dan mengimplementasikan secara langsung. Singkatnya, seluruh proses pembelajaran pun terlewati, hingga akhirnya saya dinyatakan lulus. 

Sesaat saya merasa gamang....apa yang akan saya lakukan selanjutnya?

Simple yang saya lakukan, saya membaca secara bertahap buku-buku yang diberikan (yang tentunya belum sempat didalami selama masa kuliah yang sangat singkat tersebut). Meskipun saat ini saya belum mendapat kesempatan untuk mewujudkan idealisme saya sebagai seorang Organization Development dalam arti luas, saya selalu membayangkan dan membuat rangkaian-rangkaian Perubahan dalam benak saya untuk menjaga agar otak saya tidak mati. Saya membuat mini project yang ada hubungannya dengan Perubahan. Saya optimis, ilmu ini akan secara nyata dibutuhkan dimasa depan!

Itu sekelumit cerita diantara kegamangan dan optimisme yang saya miliki. Gamang itu harus, untuk menemukan apa yang memang harus dipecahkan dan dilakukan. Buat saya, gamang adalah awal proses menemukan optimis baru :D......

No comments:

Post a Comment