Saturday, March 31, 2012

THE GRADUATION (Part 2)





‘Selamat, anda dinyatakan sebagai Lulusan Terbaik di Magister Fakultas Psikologi Unair’

Saya tidak percaya...well, akhirnya.

Target saya sebenarnya bukan itu. Target saya adalah inginkan Cumlaude Summa...dan gagal hanya kurang nilai 0.03... (T_T). Dan, tentunya saya tetap bersyukur, karena esensi pendidikan buat saya bukan sekedar nilai namun manfaat dan mewujudkan ilmu tersebut untuk seuatu yang positif, itu yang lebih penting. 

Menjadi lulusan terbaik tidak pernah ada dalam pikiran saya... Mengingat latar belakang akademisi saya termasuk biasa saja. Paling tidak, prestasi akademisi yang akhirnya saya raih diusia pertengahan 30-an, memberikan semangat bagi anak saya untuk menyukai pendidikan, untuk keponakan saya agar paham bahwa pendidikan tidak dibatasi usia, dan bagi semua yang mengenal saya. Pesan yang ingin saya sampaikan bahwa belajar tidak mengenali batas usia, gender, bidang yang ingin didalami, peran maupun profesi.  Bahwa belajar adalah sebuah proses yang menyenangkan.....

Ternyata, gara-gara dinobatkan sebagai  Wisudawan Terbaik, persiapan serasa ‘jumpalitan’. Saya berkali-kali dihubungi, sekedar ditanyai judul tesis, sampai dengan mengirimkan foto-foto profil akademisi. Terakhir yang membuat saya tertegun adalah ketika Direktorat Pendidikan menghubungi secara langsung, meminta saya mengirimkan foto – foto prestasi akademisi, Pengabdian Masyarakat, Penyuluhan dsb.

Sontak saya menulis status di Blackberry: Aku gak punya prestasi akademis (emot: menangis).



Saya sampai bingung mendefinisikan dan bagaimana bisa memberikan apa yang diminta direktorat pendidikan. Akhirnya dengan sederhana saya sampaikan, hampir 13 tahun saya adalah praktisi...dan belum menjadi akademisi. 

Hmm, sebentar, mari kita repeat bagian kalimat terakhir “...belum menjadi akademisi”, maksudnya?

Ya, mimpi saya berikutnya adalah memang sebagian dari diri saya ingin mendedikasikan ilmu sebagai akademisi agar kehidupan saya berimbang. Saya ada keinginan menjadi pengajar sebagaimana sertifikasi akta mengajar yang sudah saya miliki dan tersimpan selama 13 tahun. Saya masih ingin melanjutkan jenjang pendidikan lagi. Itu mimpi..dan saya akan menangkapnya. 

Seize the Dream!

2 comments: