Monday, June 27, 2011

THE COLLABORATIVE LEARNING PROJECT (CHAPTER 3)

TALENT MANAGEMENT
(CHAPTER 3: SESI PERTAMA)



Seperti biasa, diawal hari kerja saya datang ketempat Team saya, Rena, Ibeth dan Vini.
Dengan antusias, saya katakan, kita mendapat kesempatan mengerjakan Talent Management, dan ini adalah kesempatan bagus bagi kita karena akan berkembang dari Rekrutmen, mendapat kepercayaan project berikutnya.

(Saya tidak akan membuat Team saya merasa tambahan tugas adalah tambahan beban, sebaliknya tambahan justru tanggung jawab akan memperkaya diri kita akan keterampilan dan wawasan baru). 


Saya undang mereka untuk meeting Overview Talent Management Project, selama 1 jam.
Yuup, waktu yang diagendakan sudah di sepakati, dan saat waktu itu tiba, saya siap dengan 3 bendel buku tebal.

Apa reaksi dari Team saya?

Ibeth, dia menyambut dengan antusias. Vini, agak kebingungan dan tetap siap untuk belajar lebih di area barunya. Dan Renata, dia senyum dengan berkata, ok waktunya belajar lagi...(maklum yang terakhir adalah Fresh Graduate). 

Diawal pertemuan saya jelaskan sekilas tentang Talent Management, berikutnya saya memberikan tugas membaca halaman 1 s/d sekitar halaman 100, dan dibagi menjadi 3 bagian, bagian 1 akan dibaca dan dibahas oleh Renata, bagian 2 akan dibaca dan bahas oleh Vini, bagian ke 3 akan dibaca dan dibahas oleh Ibeth.

Jadwal berikutnya juga sudah diberikan, bahwa akan dibahas 100 halaman berikutnya, mengenai bagaimana melakukan Talent Management (tahapan-tahapannya) harapannya di pertemuan ke 2, kami berempat membawa ide mengenai apa yang masing-masing dari kami bisa kontribusikan dalam bentuk peran & tanggung jawab nyata dalam Program Talent Management.

Team pun meninggalkan ruangan dengan semangat baru, pengetahuan baru dan tantangan baru.

(I love being facilitator for them to learn and implement something new, and I love being collaborative!)



No comments:

Post a Comment