Monday, June 27, 2011

THE COLLABORATIVE LEARNING PROJECT (CHAPTER 1)

TALENT MANAGEMENT
(CHAPTER 1 – Gambaran)



Apa yang anda pikirkan ketika menyebutkan kata Talent Management

Talent Management adalah sebuah proses secara sistematis terhadap pengelolaan Talenta yang ada disebuah organisasi untuk menyiapkan calon pemimpin yang nantinya menduduki posisi-posisi kunci ataupun posisi yang berhubungan dengan kompetensi inti organisasi itu sendiri.
Lantas apa pentingnya Talent Management? Gambaran mudah saya akan memberikan analogi Tumbuhan dan Tanaman. 

Tumbuhan, sesuatu yang tumbuh, bebas, liar, tanpa ada kesengajaan pemeliharaan.
Berbeda dengan Tanaman, dia sengaja ditanam, dipupuk, diaiiri dan dirawat sesuai dengan apa yang direncanakan.


Analogi Tumbuhan dan Tanaman sama persis dengan talenta-talenta yang ada di organisasi. Bedanya, apakah talenta  tersebut diperlakukan seperti tumbuhan atau seperti tanaman. Manfaat dari Talent Management adalah memastikan talenta-talenta tersebut dikembangkan untuk menduduki posisi-posisi dimasa depan sesuai dengan talenta yang dimiliki.

Ditempat saya saat ini bekerja, Talent Management merupakan project baru yang akan melengkapi Divisi HR untuk menjadi partner strategis bisnis. Untuk itu di berikanlah project baru tersebut di Departemen kami yaitu Departemen Rekrutmen.
Kami menerima dengan antusias, mengingat kami ingin memberikan berperan lebih baik bagi pengembangan Sumber Daya Manusia di organisasi dimana kami saat ini bekerja.

(Silahkan lanjut ke Chapter 2)

No comments:

Post a Comment