Monday, March 7, 2011

STRATEGI UNTUK LANGKAH SELANJUTNYA



Akhir-akhir ini saya sering ‘terbang’ menggunakan sebuah maskapai. Sebut saja ‘Bird Air’. Saking seringnya saya bolak-balik baca majalah yang sama. Dan saya terinspirasi dari sebuah ulasan mengenai Strategi. 

Ringan cerita, artikel tersebut menjelaskan beda Mike Tyson dan Michael Jordan.
Di dalam riwayat Karier mereka, mereka memiliki Strategi masing-masing. 

Kalau Mike Tyson, memilih untuk tetap menggunakan strategi yang sama yang menghantarnya ke jaman keemasannya...sampai jaman di mana lawan hapal dengan gaya bertarungnya. Unluckily, Mike Tyson percaya dengan gaya tersebut dia tidak akan terkalahkan dan dia lupa, kalau staminanya berubah seiring dengan usia....
Hal ini mengantarkan Mike Tyson ke dalam era kemundurannya sampai dinyatakan bangkrut!

Beda dengan Michael Jordan, dia sadar dengan stamina dan usianya, maka dia mengubah strateginya mengikuti perubahan dalam dirinya. Dan menemukan gaya ‘Air’nya, serta menembak Three Pointnya. Inilah yang menghantarkan dia tetap melaju pesat. Dan disaat dia rasa dia tidak lagi perlu berkarir di dunia yang membawanya ke jaman keemasan, dia menyatakan mundur. Dan saat ini dia lebih senang dengan bisnis pribadinya.

Kata kunci dari 2 cerita tersebut adalah Strategi dalam Menghadapi Perubahan, baik perubahan dalam diri kita sendiri maupun perubahan di dunia luar.
Strategi adalah pilihan cara.

Sama dengan Strategi Blue Ocean, Strategi bisnis, atau strategi Perang, intinya kita selalu mau mengevaluasi dimana kita saat ini. Dimana kompetitor kita. Dan segera membuat pilihan cara atau strategi sehingga kompetisi tidak lagi dirasakan relevan.

Jadi strategi apa yang anda pilih untuk menyiapkan langkah selanjutnya bagi karir anda?
Mulai mendalami hobi anda untuk mempersiapkan bisnis pribadi?
Mulai memperbaiki Resume untuk mendapatkan perusahaan & karir yang lebih baik?
Melanjutkan studi S2 untuk persiapan bisnis Konsultan spesialis yang anda tekuni?

Apapun pilihan cara anda ....Selamat Berstrategi dan selamat berpetualang....

1 comment:

  1. *uhuk.. bisnis konsultan spesialis yaaa.. hehehe... :p

    ReplyDelete