Wednesday, September 29, 2010

SHARE OUR SIMILARITIES, CELEBRATE OUR DIFFERENCES...

 

THE UNIQUE OF DIVERSITY @MPPO....

Saya akan menceritakan apa yang terjadi di sebuah Kelas MPPO (Magister Perubahan dan Pengembangan Organisasi) minggu lalu. Ini tentang sebuah Organisasi kecil dengan segala perbedaan diantara anggotanya..
Kejadiannya minggu siang di ruang sidang, dengan jadwal dosen gaul nan imaginatif..Mas Bukik (follow him on http://BUKIK.com/)





Kelas itu berjudul PERSONAL BRAND.

Singkat kata..kita di minta dengan rela berkembang...dan menemukan Personal Brand kita. Hari itu kita sibuk mengenali diri kita masing masing melalui 2 rangkaian test, Via Character Survey (mirip2 Talent survey nya Gallup) dan MBTI.
Hasilnya kita di minta mengenali kekuatan (dan kelemahan dunk).
But, more less, we need focus to our strength rather than just trapped into weakness (as usual d*__*b )
Ok, balik ke kelas MPPO.
Setelah kita semua menemukan kekuatan kita masing-masing, tugas berikutnya adalah berdiskusi tentang: bagaimana team kita (baca 3 mahasiswa MPPO), bagaimana kita sebagai individu akan memberikan kontribusi pada team, bagaimana masing2 individu mengambil peran, dan bagaimana individu dalam menyelesaikan konflik...Intinya..apa berperan apa untuk Team MPPO angkatan 2010 yang berisi 3 mahasiswa, sampai menyelesaikan kuliah tahun depan.
Dari hasil evaluasi diri..dan mencari jati diri ...ditemukanlah 3 model
1 dengan sifat api (mirip pangeran Zuko)
1 dengan sifat udara (waaah..kayak si Eng, Avatar terakhir)
1 dengan sifat tanah (hmmm...)
Dengan kita bertiga yang memiliki karakter yang unik, lengkap dengan segala kelebihan dan kekurangan, lengkap dengan perbedaan latar belakang dan lengkap dengan segala perbedaan cara pandang... Kami mengartikan apa peran masing-masing
Si Api akan berperan sebagai penggagas strategi....(selalu berkata dengan awalan...bagaimana kalo kita...)
Si Udara dengan peran si Taktis..(selalu berkata, ok...silahkan di buat rencananya..penyelesaiannya serahkan pada saya..)
Si Tanah akan bertindak sebagai Logistik (di sini saya dan rekan satunya tahu bagaimana si pemilik karakter tanah selalu bertindak...materinya kita akan dapatkan, aku bawa keperluan kuliah ya..aku ntar tanyain deh..alias berinisiatif untuk menawarkan dan menyediakan segala kebutuhan)
Pikiran melayang ke Organisasi...
Andai di sebuah organisasi mengarahkan masing-masing individu mengenali kelebihan masing-masing
Andai di sebuah organisasi mengarahkan Teamnya untuk memberikan kontribusi terbaiknya untuk kepentingan bersama
Andai di sebuah organisasi tanpa lelah menciptakan suasana saling memahami segala perbedaan yang ada dan kelebihan yang satu akan mengisi kekurangan yang lain
Andai sebuah organisasi mampu membantu individu didalamnya untuk kondisi pribadi yang lebih matang dan bijak
Itulah gambaran Organisasi kecil kami bernama MPPO...
Semoga kami lulus dan membawa perubahan dan pengembangan bagi organisasi tempat kami bernaung seperti apa yang telah diajarkan di MPPO...
(Inilah kami, Si TANAH - SI UDARA – SI API)

No comments:

Post a Comment